Friday 3 June 2016

12 Destinasi Kuliner Enak di Cimahi.

1. Bakso Pak Trisno Cimahi.

Kedai Bakso Pak Trisno terletak di alamat lokasi Jalan Baros Komplek 163, Cimahi yang telah ada sejak tahun 1985 dimana awalnya berbentuk warung tenda. Tempat makan ini selalu ramai diserbu pengunjung karena keenakan dan kegurihan baksonya. Lokasinya memang sangat strategis yaitu di pinggir jalan sehingga mudah ditemukan dimana tempatnya menawarkan suasana yang bersih dan lapang. Semua pelayan yang ada disini adalah kaum Adam yang berpakaian rapih. Dengan seragam kaus kerah bertuliskan “Baso Pak Trisno” dan celana jins, mereka melayani pengunjung dengan sigap dan ramah.

Menu bakso yang menjadi favorit banyak orang adalah Mie Baso Kuah, mie yamin, soun, dan sebagainya. Harganya bervariasi mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp.20 ribu. Untuk menemani makan anda, tersedia juga es campur dengan rasa yang mantap dan segar. Kuah baksonya gurih dengan tekstur bakso yang lembut tapi tidak terlalu keras. Bakso yang dihidangkan memang memiliki kualitas daging yang tinggi karena diolah dari daging asli yang masih segar setiap harinya.

2. Restoran Gokana Ramen Teppan Cimahi.

Restoran Gokana Ramen Teppan dengan alamat lokasi di Cimahi Mall, lantai 1, Jl. Sriwijaya No. 97, Cimahi Tengah menawarkan ramen dan berbagai menu makanan ala Jepang yang fresh dan halal dengan harga cukup terjangkau. Salah satu menu andalan restoran ini adalah Tempura Hot Ramen yang merupakan kombinasi dari udang tempura dan mie ramen pedas sehingga menimbulkan sensasi lezat di lidah. Untuk informasi promo dan paket makanan yang ditawarkan khususnya untuk berbuka puasa.

3. Rumah Makan Ampera Cibabat Cimahi.

Rumah Makan Ampera Cibabat dengan alamat lokasi Jl. Cibabat 110 Cimahi dan nomor telepon 022- 6650912 menawarkan aneka menu makanan Sunda yang enak dan harga cukup terjankau serta pelayanan yang ramah. Pada awalnya rumah makan ini hanyalah sebuah warung nasi sangat sederhana di sekitar terminal Kebon Kelapa Bandung (sekarang menjadi ITC Kebun Kelapa), pada tahun 1963 H. Tatang Sujani S.Sos beserta istri, Hj. St.E. Rochaety (alm) merintis usaha warung nasi yang menyajikan masakan khas Sunda.

Usaha Warung Nasi Ampera pada awal tahun 1994 mulai menunjukkan perkembangan yang sangat pesat dan sangat menjanjikan. Sehingga pada saat ini lebih dari 80 cabang Warung Nasi Ampera telah tersebar di wilayah Indonesia termasuk di Cimahi.

4. Bebek Garang Cimahi.

Bebek Garang dengan alamat lokasi di Jalan Raya Cibabat Cimahi merupakan salah satu tempat makan yang menjadikan bebek sebagai menu utama dan andalan dan sudah berdiri sejak tahun 2008. Nama Garang sendiri merupakan singkatan dari segar dan merangsang karena bumbu yang digunakan pedas dan bikin segar. Kalau merangsang bermakna membuat orang untuk datang dan mencicipi menu bebek ini. Terdapat 8 varian menu bebek yang dikemas dengan nama yang unik seperti Bebek Debus, Bebek Grinpis, Bebek ameRICA, dan Bebek 70.

Nama-nama ini disesuaikan dengan bumbu dari menu bebek ini. Bebek Debus ini memiliki rasa pedas yang menyatu dengan dagingnya sehingga rasa pedas ini terasa sampai ke dagingnya. Bebek ameRICA disajikan dengan bumbu rica-rica yang pedas dan gurih. Sedangkan, Bebek diambil dari tren motor bebek yang mulai popular dari tahun 70an. Bebek Garang juga menyediakan menu ayam, pancake dan batagor.

Tempat makan ini hadir dengan konsep layaknya cafe sehingga membuat pengunjung yang datang tak hanya sekadar makan tapi juga berkumpul dengan teman atau kerabat, terutama anak muda karena berbagai mainan juga tersedia untuk menunggu menu datang atau untuk dimainkan sambil menikmati makanan yang ada seperti Scrabble, UNO, Monopoli dan halma ditambah permainan yang popular di era 1990-an seperti dingdong dan Nintendo.

5. Kafe Kupu-Kupu.

Dengan alamat lokasi di Jl. Kolonel Masturi Km.3, Cimahi menawarkan berbagai menu makanan dan minuman termasuk kopi dengan harga yang sangat terjangkau dan tempat yang cozy serta romantis. Lokasinya cukup bagus karena anda dapat melihat pemandangan cimahi jika anda berada di atas/lantai 2 terutama di malam hari sehingga menjadi tempat paling direkomendasikan untuk dinner romantis atau sekedar hangout dengan teman atau untuk merayakan ulang tahun. Cafe ini buka setiap hari dari jam 12 siang- 9 malam untuk hari biasa.

6. Rumah Makan Dapur Keraton Cimahi.

Terletak di alamat Jl. Raya Baros, Perumahan Pondok Mas no.42, Cimahi, Rumah Makan Dapur Keraton menawarkan berbagai menu masakan Indonesia khususnya Sunda, Asia dan Eropa dengan suasana yang nyaman dan harga terjangkau serta tempat yang cukup luas, dapat menampung hingga 122 orang. Awalnya rumah makan yang didirikan Bapak Jutomo ini adalah gerobak dorong yang menjual aneka makanan khas sunda yang bertempat di Jl. Raya Baros di depan ARMED Cimahi pada tahun 1999.

Pada tahun 2000 restoran dibuka dengan nama Ayam Kraton dengan karyawan hanya berjumlah 3 orang. Tepat tanggal 23 Maret 2001 mereka pindah ke tempat baru di Komplek Pondok Mas Baros Cimahi dengan jumlah karyawan 30 orang. Tempat makan ini buka setiap hari buka mulai jam 09.00 – 22.00 WIB, tetapi untuk paket pemesanan yang diantar langsung ke rumah, paket ini buka selama 24 jam.

7. Saung Ambu Cimahi.

Saung Ambu menjadi salah satu tempat makan enak dan murah di Cimahi. Saung Ambu merupakan tempat makan terkenal yang sering dijadikan sebagai pilihan untuk nongkrong bagi anak muda ataupun keluarga. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai jenis menu makanan yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.
Alamat : Jl. Permana Timur No. 5, Cimahi Utara.

8. Kantin ABC.

Kantin ABC menyediakan beragam menu masakan khas Indonesia yang tentunya siap menggoyang lidah Anda. Di kantin ini Anda bisa menikmati ayam bakar, nasi bakar, dan berbagai minuman yang menyegarkan. Harga yang bersahabat dengan kantong membuat Anda tetap hemat saat berwisata kuliner di Kantin ABC.
Alamat : Jl. Encep Kartawiria No. 216, Cimahi.

9. Warung Sadulur.

Warung Sadulur ini menjadi tempat makan murah dan enak di kota Cimahi. Tempat makan ini menyediakan menu makanan ayam goreng atau ayam bakar yang dipadukan dengan sambel super pedas yang tentunya dijamin akan membuat Anda ketagihan.
Alamat : Jl. Kolonel Masturi No. 9, Cimahi.

10. Garden de Coco.

Garden de Coco ini merupakan tempat makan bebek goreng dan bebek bakar nikmat di Cimahi. Rasa bebek goreng dan juga bebek bakarnya yang khas membuat tempat makan ini tak pernah sepi pembeli. Garden de Coco ini selalu ramai pengunjung dan bahkan tak jarang harus antri saat memesan makanan di tempat ini.
Alamat : Kebon Kelapa H2, Cimahi.

11. Geco Pak Iding.

Nama yang unik dan membuat penasaran ketika mendengar nama Geco Pak Iding. Geco, iya geco membuat penasaran dan akan membuat tersenyum bahwa geco merupakan singkatan dari toge tauco. Meski namanya Geco Nusasari namun akan lebih mudah jika menanyakannya dengan Geco pak Iding jika kita ada di Jalan Siti Jenab. Sambutan yang ramah dan tangan terbuka akan menjadi menu pembuka bagi pengunjung kedai sederhananya ini.

Penyajian menu ini sangatlah sederhana, namun dibalik kesederhanaannya inilah tersimpan rasa yang sangat memanjakan selera pelanggannya. Rasa yang sanggup mengobati akan rasa kangen sajian menu tradisional yang sudah semakin tergerus dengan banyaknya menu menu yang lebih variatif dan inovatif. Sedangkan geco ini tetap mempertahankan rasa tradisional namun bener bener enak. Komposisi geco terdiri dari toge, ketupat, kentang, tahu dengan saos menggunakan tauco racikan sendiri. Namun tambahan mie yang terbuat dari aci membuat menu ini semakin nikmat untuk disantap. Timbul rasa lain, rasa yang tidak biasa saat pertama kali menikmati menu ini. Bau khas toge akan terasa saat suapan pertama akan dinikmati, namun bukanlah masalah karena nikmatnya tauco khas yang dipadu dengan bumbu bumbu lain yang membuat menu ini memang pantas untuk dilestarikan. Pasti penasaran ya, bagaimana rasanya menu yang satu ini.

Demi merasakan lezatnya menu ini, pengunjung kedai pak Iding rela untuk antri karena keterbatasan dalam penyajian. Namun semua dapat dipahami karena saat menyajikannya masih terselingi obrolan obrolan yang menceritakan tentang usaha yang dijalaninya. Sehingga tak terasa menu pun tersaji dan siap untuk disantap. Dibalik sederhananya kedai geco ini, masih tersaji semangat yang patut dicontoh bagaimana tentang kegigihan dalam berusaha dan tetap bertahan karena keyakinan bahwa menu ini akan tetap digemari bahkan suatu saat akan menjadi menu yang dicari oleh pelanggannya.

12. Kue Balok.

Diantara kue tradisioanal maka kue balok adalah salah satu kue tradisional yang dimakhsud. Dan jika membicarakan cara membuat kue balok, tentunya masing masing pelaku usahanya memiliki cara yang khas yang mencirikan rasa maupun penyajian kepada pelanggannya. Dan jika ini adalah kue balok yang tradisional, pastinya spesial. Hanya satu hal yang menjadi ciri khas umum dalam pembuatan kue ini, yakni cara dan pemangganggannya. Pemangganggannya yang khas dan tradisional menggunakan bahan arang dan dengan sistem pemanggganggan atas bawah untuk menghasilkan kue yang matang merata dan cita rasa yag khas dari kue balok. Selain itu, dengan sistem pemangganggan atas bawah juga akan menghasilkan tekstur kue  yang lembut. Garing di luar namun lembut dan empuk di dalam. Kebayang kan bagaimana rasanya ?

Dalam kesederhanaan pembuatan kue balok, namun bisa menjual rasa yang khas karena teknik yang dipakai dalam pembuatannya. Apalagi di tangan pelaku usaha yang kreatif, pastilah kue ini akan menjadi komoditas kuliner yag menjanjikan. Apalagi jika varian rasa yag disajikan dapat memanjakan lidah selera pelanggan yang menginginkan rasa yang beragam. Pastilah akan menjadi pilihan menu bagi pecinta fanatiknya.

Walaupun termasuk kuliner tradisional, namun kue balok tetaplah memiliki fans yang fanatik. Yang akan selalu menghadirkan menu ini diantara kuliner kuliner modern yang terus bermunculan. Terutama dari cara pembuatan yang unik sehingga dapat menciptakan rasa yang ngangenin bagi pelanggannya. Nah, di  Jl Jendral Sudirman tepatnya setelah SMP N 2 Cimahi ada kue balok yang wajib untuk dicoba karena kue balok ini memang tradisional dengan pemangganggannya.

1 comment:

Sebagai pengunjung yang baik berkomentarlah yang sopan dan baik, terimakasih.