Tuesday 7 June 2016

Deskripsi Dan Resep Kue Cubit

Nama jajanan kue cubit bukan nama asing bagi kita yang suka menikmati kuliner jajanan khas Indonesia. Bentuk kue dan namanya pun sangat unik dan mudah diingat.

Kuliner jajanan Indonesia kue cubit cukup dikenal dikalangan masyarakat Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, Bogor, Bandung dan sekitarnya. Cemilan asli jajanan kuliner Indonesia yang satu ini terbuat dari campuran adonan tepung terigu, telur, gula pasir dan beberapa bahan pembuat kue lainnya.


Dari beberapa tempat atau pun daerah yang Direktori Wisata telusuri, jajanan kue cubit sampai sekarang belum ada yang bisa menjadi patokan tentang asal usul dari kue jajanan satu ini. Karena dari informasi para penjual kue cubit sendiri yang kami tanyakan baik yang berjualan di pinggir kota Jakarta, atau pun di Kota Bandung dan daerah lainnya, masing-masing mengklaim bahwa kue cubit berasal dari Jakarta, dari Bandung dan lainnya.

Terlepas dari perdebatan tentang asal usul daerah yang menjadi lahirnya ide penggagas kuliner jajanan tradisional Indonesia kue cubit ini, sekarang banyak kita temukan kue cubit yang telah dikembangkan oleh para pelaku kuliner yang berinovasi akan cita rasa dan modelnya. Dan hal inilah yang menjadi kuliner Indonesia sangat kaya.

Untuk sekarang ini jajanan kue cubit banyak kita temukan di beberapa daerah, baik di pinggir jalan maupun di dalam supermarket atau pun mall dengan rasa varian kue cubit yang bisa kita pilih. Seperti rasa red velvet, tiramisu, green tea atau original yang didominasi dengan rasa kue yang manis dan enak untuk menjadi cemilan.

Untuk harga jajanan kue cubit ini ada beragam variasi tergantung isi toping yang ditabur di atas kuenya. Bila rasa original kue ini hanya bertabur butiran coklat saja. Namun, sekarang kita banyak jajanan kue cubit dengan isi toping yang bervarian, ada yang menggunakan taburan keju di atas kue, ada yang ditabur dengan butiran dari kue biskuit lainnya, dan masih banyak lagi.

Sebagai tambahan informasi konon, jajanan kue ini dinamakan kue cubit berawal dari proses pembuatan yang dilakukan oleh para pembuatnya pada saat kue ini telah masak, maka mereka mengambil kuenya dengan menggunakan penjepit yang terbuat dari kayu untuk mengapit kue tersebut, dan alat tersebut disebut “pencapit”.

Waktu Pembuatan.

Waktu Pembuatan Kue.

Dalam proses pembuatannya nanti kita perlu menyiapkan sedikit waktu yaitu :

20 menit menyiapkan bahan.

20 menit proses pembuatan.

15 Menit Proses Mendiamkan Adonan.

Peralatan yang Dibutuhkan.

Ada beberapa alat yang di butuhkan diantaranya :

1. Wadah.

2. Wishker.

3. Cetakan.

4. Kuas untuk mengolesi cetakan.

Info.

Sedikit Tips Dalam Membuat Kue Cubit Abang :
Pastikan adonan tercampur rata dan licin kalau masih bergerindil bisa disaring terlebih dahuluTunggu adonan selama 15 menit supaya baking powder bisa bekerja.

Gunakan wadah yang bercorong seperti teko untuk mempermudah proses penuangan adonan.Saat memasak gunakan api kecil dan gunakan tutup panci untuk menutup loyang yang sudah dituangi adonan.

Kemudahan Pembuatan :

Tidak perlu mixer, cukup pakai wishker aja karena itu tidak banyak alat yang harus dicuci dan tidak perlu khawatir listrik di rumah turun atau anjlok alias padam. Karena untuk membuat kue cubit ini menggunakan daya listrik yang tinggi.Bahan yang digunakan sederhana tidak memerlukan ragi, karena  bahan penggembangnya menggunakan baking powder asli.

Resep Kue Cubit.

Tentunya untuk mendapatkan kenikmatan kita harus memilih bahan yang berkualitas, dan paling penting takaran yang akan kita gunakan nanti harus pas. Bahan pembuatannya hampir sama dengan kue jajanan yang lain, untuk lebih jelasnya simak baik - baik penjelasannya dibawah ini.
Bahan Kue Cubit :

3 butir telur
100 gram gula pasir = 7sdm
100 gram tepung terigu = 12 1/2sdm.
100 gram margarin = 10 sdm, lelehkan.
200 ml susu cair / 1 Sachet Frisian Flag Putih.
1 bungkus vanili bubuk.
¼ sdt soda kue.
½ sdt baking powder.
Keju parut dan coklat meses secukupnya.


Cara Membuat Kue Cubit.

Tips Cara Membuat Kue Cubit Enak dan Empuk :
Siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok dengan wishker hingga mengembang serta gulanya menjadi larut.

Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan susu cair aduk hingga rata. Tuang margarin cair, aduk rata dan kemudian masukkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk.

Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.

Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil yang terlebih dahulu diolesi sedikit margarin. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan lalu tutup.Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan keju atau coklat meses lalu tutup dan teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecoklatan.

Porsi :

Untuk cetakan kecil, biasanya jadi 15-20 biji. Jika cetakannya besar, mungkin bisa kurang dari itu.


Saran Untuk Menyajikan :

Sajikan di sebuah piring datar. Jika memiliki sisa keju parut taburi di atas kue cubit supaya lebih nikmat dan menarik.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung yang baik berkomentarlah yang sopan dan baik, terimakasih.