Thursday 16 June 2016

Manfaat Buah Apel

Buah apel sudah terbukti bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan, bahkan buah apel dapat mencegah penyakit, dan juga untuk diet.

Karena kandungan seratnya sangat tinggi membantu membuat rasa kenyang bertahan lama pada lambung kita. Dan ini dapat meminimalisir asupan makanan yang berkalori tinggi. Ketika lambung telah terdapat glukosa, lambung merasakan lapar dan memerintahkan otak untuk mencari makan.

Setelah makan otomatis rasa lapar hilang, disini peran serat apel untuk bertahan lebih lama dilambung dan membuat rasa kenyang lebih lama dilambung sehingga Anda tidak akan mengalami kelaparan.

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan.

Membantu kerja usus halus - Pencernaan tidak pernah lepas dari peran kerja usus halus untuk memproses makanan dan mengambil nutrisinya.

Mengkonsumsi buah apel setiap hari dapat mencegah konstipasi dan mencegah gangguan pencernaan yang terjadi pada usus halus.

Dapat membantu mengurangi resiko gangguan pernapasan - Sebuah penelitian menunjukan bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernapasan. Selain itu wanita hamil yang secara rutin mengkonsumsi jus apel juga efektif menekan gangguan pernapasan pada anak yang masih didalam kandungan.

Menyehatkan rongga mulut dan gigi - Mengkonsumsi buah apel dengan cara mengunyahnya akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin yang terkandung pada apel . Membantu membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

Memberikan perlindungan pada tulang - Kandungan flavanoid merupakan manfaat apel yang mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Ini juga sangat baik untuk mencegah timbulnya gejala penyakit rematik.

Mengkontrol gula darah - Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam menurunkan kinerja insulin, maka dari itu, apel sangat baik dikonsumsi bagi orang - orang yang memiliki riwayat genetic terserang penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.

Mencegah dan mengobati kanker - Manfaat buah apel ternyata terdapat pada senyawa triterpenoids pada kulit apel, yang di identifikasi pada penelitian Cornell Uneversity diketahui dapat menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever, dan gejala kanker usus besar. Selain itu apel juga memiliki sejumlah zat yang membantu mengurangi resiko kanker, termasuk aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, mekaniame anti-inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptesis- inducing yang diterbitkan pada jurnal Planta Medica.

Kesehatan otak - Buah apel sudah terbukti melindungi sel - sel neuron yang dapat mencegah stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi gangguan resiko neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.

Mencegah parkinson - Penelitian menunjukan bahwa orang - orang yang memakan buah - buahan dan makan - makanan berserat lainnya dapat bermanfaat dalam mencegah penyakit parkinson. penyakit ini di tandai dengangan gangguan memproduksi dopamin untuk memproduksi sel - sel saraf otak. Para ilmuwan menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.

Menurunkan kolesterol - Buah apel mengandung serat larut yang dapat mengikat lemak dalam usus, yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Baik untuk pencernaan - Buah apel merupakan buah yang kaya akan serat dan vitamin serta mineral yang mudah diserap oleh tubuh, oleh karena itu buah apel merupakan buah yang baik untuk mengatasi masalah pencernaan.

Menyehatkan jantung - Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol pada di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk didalam arteri maka akan mengurangi aliran darah ke jantung. Yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan serat larut yang terdapat pada apel.

Mencegah batu empedu - Batu empedu terbentu ketika ada banyak kolesterol sehingga cenderung mengeras. Efek jangka pendeknya adalah mengalami obesitas. Untuk mencegah batu empedu, disarankan untuk diet tinggi serat agar membantu mengkontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

foto dari link bibitbunga[dot]com

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung yang baik berkomentarlah yang sopan dan baik, terimakasih.