Thursday 16 June 2016

Manfaat Dari Beras Hitam

Di Indonesia masyarakat lebih mengenal ketan hitam dibanding beras hitam, meskipun warnanya sama- sama hitam. Beras hitam berbeda dari ketan hitam, begitu pula dengan nutrisinya.

Sifat dan teksturnya sama dengan beras biasa dibanding ketan. Beras ketan hitam bila dipotong melintang warnanya akan terlihat putih susu pada potongan beras tersebut, dan apabila di masak akan lengket seperti beras ketan.

Sedangkan beras hitam apabila dipotong melintang akan terlihat berasnya berwarna jernih atau bening dan apabila dimasak akan terasa perak dibanding dengan beras biasa.

Beras hitam memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dalam sejarah beras ini di anggap sebagai makanan para raja. Di cina beras hitam pernah disebut sebagai beras terlarang.

Dikarenakan pada masa itu yang boleh mengkonsumsi beras hitam hanya keluarga kerajaan. Dari segi rasa beras hitam sedikit perak bila dibandingkan dengan beras putih biasa.

Untuk memasaknya dibutuhkan lebih banyak air dan memerlukan waktu lebih lama. Setelah matang beras ini memiliki aroma yang kuat untuk menggugah selera makan.

Fakta Tentang Beras Hitam

1. Beras hitam adalah beras pusaka yang dibudidayakan di Asia, yang pernah tumbuh sebagai makanan wajib untuk kaisar. Sesuai namanya beras hitam nampak hitam ketika mentah, akan tetapi setelah dimasak warnanya berubah menjadi ungu tua. Dari tampilan warnanya saja sudah mengundang rasa penasaran untuk di makan. Bahkan walaupun warna ungu bukan warna favorit Anda nasi ini tetap menarik untuk di santap dikarenakan mengandung manfaat bagi kesehatan.

2. Beras hitam mendapat warna gelap dikarenakan mengandung pigmen flavonoid yang dikenal sebagai antosianin, pigmen tanaman dengan antioksidan yang kuat. Antosianin adalah pigmen yang sama yang memberikan banyak merah gelap dan ungu buah seperti blackberry, ceri tua, dan raspbery yang kaya warna dan manfaat kesehatan. Antosianin sedang diteliti untuk peran mereka untuk mencegah berbagai penyakit kronis seperti jantung, dan penyakit alzheimer. Sebagian besar manfaatnya didapat karena senyawa antioksidan dan antiinflamasi.

3. Sebuah studi yang diterbitkan kedalam journal of nutrition pada tahun 2008 menunjukan bahwa ektract dari beras hitam saat diujicoba pada tikus membantu mencegah perkembangan plak aterosklerosis pada arteri utama dari jantung. Ini juga menurunkan komponen lipid termasuk trigliserida. Bahkan ekstrak beras hitam ditemukan sekuat resep obat simvastatin, obat yang digunakan untuk menurunkan kolesterol. Efek ini timbul dari antosianin yang begitu melimpah di beras hitam. Karena sifat antiinflamasi dan menurunkan kolesterol dari antosianin yang ditemukan pada beras hitam. Padi- padian ini dapat membantu untuk menangkis serangan jantung.

4. Beras hitam adalah sumber mineral yang baik, termasuk besi, serta serat dan memiliki profil nutrisi agak mirip dengan beras merah. Kehadiran antosianin memberikannya keunggulan gizi dibandingkan beras merah.

5. Pada intinya beras hitam dengan rasanya yang lezat, menjadi alternatif selain beras putih yang kurang bergizi dan memberikan alternatif lain yang sehat untuk beras merah. Harga beras hitam sedikit lebih mahal dibandingkan beras merah. Akan tetapi harga yang Anda bayarkan pastinya tidak sia- sia.

Manfaat Utama Beras Hitam

1. Mencegah Kanker. Beras Hitam dikatakan bermanfaat mencegah karena dalam beras hitam memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Berdasarkan banyak riset antosianin ini merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat. Sebagaimana diketahui secara luas, zat antioksidan berperan aktiv dalam mencegah penyakit kanker.

2. Mencegah Diabetes. Nilai kalori beras hitam terendah bila dibanding dengan jenis beras lainnya. Yaitu sekitar 362 kcal per 100 gram. Kandungan kalori ini berkaitan erat dengan indeks glikemik. Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukan seberapa besar makanan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi indeks glikemik, maka makanan itu akan memicu kenaikan gula darah semakin tinggi pula. Sehingga beras hitam
digolongkan sebagai pangan sehat dan dianjurkan bagi penderita diabetes.


3. Mencegah Penyakit Jantung. Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi. Ini terasa dari rasanya yang sedikit pera, tidak sepulen beras putih. Setiap makanan yang memiliki kadar serat tinggi tentu akan berperan aktif memelihara kesehatan jantung.

4. Obat Anemia. Kandungan besi beras hitam tinggi mencapai 25,52 ppm. Zat besi merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan darah. Karena itu makanan yang kaya akan zat besi sangat dianjurkan bagi penderita anemia.

5. Anti aging atau penuaan. Hal ini masih terkait dengan antioksidan pada beras hitam. Antioksidan diketahui juga berperan dalam memperbaiki sel- sel tubuh yang rusak. Sehingga apabila sel- sel tubuh cepat memperbaiki diri, seseorang akan terlihat bugar dan awet muda.

foto dari link kebunpedia[dot]com

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung yang baik berkomentarlah yang sopan dan baik, terimakasih.