Thursday 16 June 2016

Manfaat Dari Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki nama latin vigna radiata dan termasuk dalam family Fabaceae. Kacang hijau masih bersaudara dengan kacang panjang, kacang polong, dan kacang kedelai.

Di Indonesia biasa kacang hijau diolah menjadi bubur. Dari itu dikenal dengan bubur kacang hijau, yang isinya campuran dengan santan, gula, dan beras ketan hitam.

Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Bahkan dikenal dengan makananya para tentara agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi, fisiknya kuat dan otaknya cerdas.

Berikut ini merupakan kandungan nutrisi dan manfaat kacang hijau bagi kesehatan :

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau

Sebagai salah satu sumber makanan yang baik untuk kesehatan, kacang hijau mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh.

Kaya Vitamin

Kacang hijau mengandung asam folat sebesar 159μg /100 gr dan vitamin B1 sebesar 0,2 mg / 100gr. Tidak hanya itu, kacang hijau juga dilengkapi dengan riboflavin, B6, asam pantothenant, serta niasin yang berguna membantu fungsi metabolisme dan organ tubuh.

Sumber Mineral

Kacang Hijau kaya akan mineral dalam 100 gram kacang hijau terdapat potasium (266mg), fosfor (99mg), mangan (48mg), kalsium (27mg), magnesium (0,3mg), zat besi (1,4mg), zinc (0,8mg), selenium (2,5μg)

Kaya Protein

Kacang hijau bisa menjadi sumber protein alternatif bagi para vegetarian. Karena kandungan protein didalam 100gr kacang hijau sebesar 7gr protein.

Protein didalam kacang hijau memiliki profil asam amino lengkap dan dapat diserap tubuh lebih cepat. Protein berguna dalam pembentukan sel - sel otot, mempercepat pemulihan, menjaga daya tahan tubuh, dan membantu Anda kenyang lebih lama.

Kaya Serat

Kandungan serat didalam 100gr kacang hijau sebesar 7,6gr serat, jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30%, serat bermanfaat untuk menjaga fungsi saluran cerna, mencegah simbelit, dan membantu menurunkan kolesterol.

Kaya Omega 3

Kacang hijau juga diperkaya dengan omega 3 sebesar 0,9gr / 100gr. Seperti kita ketahui bahwa asam lemak esensial ini berguna untuk menurunkan kolesterol dan membantu untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi lengkap yang terkandung dalam kacang hijau, menjadikan makanan ini menjadi sumber makanan yang kaya akan segudang manfaat bagi kesehatan, antara lain sebagai berikut ini :

Membantu Penyerapan Nutrisi

Penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin B1 menyebabkan metabolisme melambat, sehingga proses penyerapan nutrisi dari makanan berjalan tidak maksimal. Kandungan vitamin B1 dan enzim - enzim aktif pada kacang hijau dapat memperbaiki kondisi ini dengan meningkatkan penyerapan nutrisi metabolisme tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Kacang hijau mengandung serat tinggi yang berfungsi membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga membantu mengurangi waktu kotoran menumpuk didalam usus, serat juga berperan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga efektik mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Mencegah Anemia

Diperkaya dengan zinc dan zat besi menjadikan kacang hijau sebagai makanan
pilihan untuk mengatasi anemia, membantu keseimbangan hormon dan sistem kelenjar, serta menjaga metabolisme tubuh.


Membantu Pertumbuhan

Kacang hijau mengandung protein lengkap yang membantu pertumbuhan dan
pembentukan sel - sel tubuh, yaitu sel - sel organ, otot, dan otak.

foto dari link siap[dot]top

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung yang baik berkomentarlah yang sopan dan baik, terimakasih.