Thursday 16 June 2016

Manfaat Dari Kacang Kedelai

Kacang Kedelai memiliki nama latin Glycin max dan termasuk dalam keluarga Leguminosae atau kacang - kacangan. Selain dijadikan cemilan kacang kedelai juga biasa di olah menjadi bahan makanan lain seperti tempe, tahu, susu kedelai, tauco, toge, kembang tahu, oncom, kecap dan sebagainya.

Selain enak, kacang kedelai juga kaya akan gizi, dengan mengandung sumber serat yang baik bagi tubuh, selain itu  kacang kedelai juga mengandung protein nabati dan lesitin juga vitamin A, B kompleks dan E, serta kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi.

Kandungan Gizi dalam 100 gram kacang kedelai :

Energi 286 kal
Protein 30,2 g
Lemak 15, 6 g
Karbohidrat 30,1 g
Serat 4,9 g
Kalsium 196 mg
Fosfor (506) mg
Zat Besi 6,9 mg
Vitamin A 95 IU
Vitamin B1 0.93 mg
Vitamin C-
Air 20 g


Manfaat Kacang Kedelai

Berkat kandungan gizinya yang banyak kacang kedelai sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dari mengkonsumsi kacang kedelai :

Mencegah Kanker : Di Jepang masyarakatnya jarang sekali terjadi insiden terkena penyakit kanker. Karena dengan mengkonsumsi kacang kedelai yang mengandung fitoestrogen, zat yang mirip hormon estrogen dan juga isoflavon yang antioksidan. Jenis kanker yang dapat dicegah antara lain kanker payudara, kanker saluran telur, kanker indung telur, dan kanker prostat.

Mencegah Osteoporosis : Fitoestrogennya membantu mencegah osteoporosi. Belum lagi ektra kalsium dalam tahu yang dibuat dengan kalsium klorida, proteinnya juga ikut mengurangi pengeluaran kalsium lewat urin.

Mengobati Anemia : Tempe yang mengalami fermintasi juga meningkatkan aktivitas vitamin B12 yang berperan untuk meningkatkan sel - sel darah merah.

Baik Untuk Penderita Diabetes : Nilai serat, vitamin B kompleks serta kandungan asam aminonya menjadikan tempe menjadi sumber protein sempurna bagi penderita diabetes. Seratmya ikut mengendalikan kadar gula darah.

Melancarkan Pencernaan : Kacang Kedelai dapat membantu kontraksi otot usus sehingga mencegah sembelit. Kandungan antibakterinya mencegah diare.

Anti Penuaan Dini : Sifatnya yang antioksidan bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan teratur dapat membantu mencegah penuaan dini.

Menurunkan Kolesterol : Zat - zat dalam tempe yang membantu untuk menurunkan lemak darah yaitu protein, PUFA, serat, niasin, Vitamin E, karetenoid, isoflavon, dan kalsium. Mengkonsumsi tempe dalam jumlah tertentu secara teratur, dapat menurunkan kolesterol total dan lain - lain.

Manfaat Lainnya : Kandungan Magnesium berfungsi mengatur tekanan darah, dan fosfornya membantu untuk pembentukan tulang dan gigi.

foto dari link manfaatnyasehat[dot]com

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung yang baik berkomentarlah yang sopan dan baik, terimakasih.