Thursday 16 June 2016

Manfaat Dari Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan sayuran yang sangat sering kita temui dalam masakan sehari - hari. Baik itu masakan rumah ataupun masakan restoran, ada yang memasaknya dengan cara ditumis, dan ada pula yang menjadikannya lalapan mentah.

Kacang panjang mengandung gizi dan nutrisi, serta kaacang panjang juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Kacang Panjang
Kacang panjang mengandung berbagai nutrisi bagi kesehatan, diantaranya :

Sumber Protein

Dengan kandungan protein sebesar 8,3gram dalam setiap 100gram pengolahan dari kacang panjang rebus, maka kacang panjang menjadi salah satu sumber dari protein yang baik untuk memenuhi ke butuhan protein tubuh kita setiap harinya.

Vitamin B Kompleks

Dalam setiap 100gram kacang panjang rebus mengandung 146mcg folat (37% kebutuhan); 0,2mg thiamin (14% kebutuhan); 0,1mg vitamin B6 (5% kebutuhan); 0,1mg riboflavin (4% kebutuhan); 0,4mg asam pantotenant (4% kebutuhan); dan 0,6% niacin (3% kebutuhan); Berbagai vitamin B Kompleks yang terkandung dalam kacang panjang tersebut sangat penting bagi tubuh kita.

Secara umum vitamin B Kompleks memiliki fungsi penting bagi produksi energi dan fungsi saraf bagi tubuh kita, dan kekurangan vitamin B biasanya ditandai dengan kelelehan dan kurangnya tenaga.


Mengandung Serat Tinggi

Kacang panjang adalah sayuran yang kaya akan serat, dalam setial 100gram kacang panjang rebus, terdalat kandungan serat mencapai 4gram atau memenuhi kebutuhan 15% kebutuhan serat harian kita. Serat dalam kacang panjang berbentuk pektin, yang merupakan serat larut sehingga sangat baik membantu menjaga kadar gila darah dalam level normal. Juga untuk metabolisme lemak yang normal.

Kandungan Mineral Kacang Panjang
Kacang panjang juga kaya akan mineral, antara lain :


Kalsium

Setiap 100gram kacang panjang rebus mengandung 42mg kalsium (4% kebutuhan). Kalsium adalah mineral penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat, juga untuk fungsi saraf dan otot yang optimal.

Zat Besi

Setiap 100gram kacang panjang rebus mengandung 2,6mg zat besi (15% kebutuhan). Zat besi adalah kompenan penting bagi pembentukan enzim untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta pembentukan komponen utama dari sel darah merah dan sel - sel otot.

Magnesium

Setiap 100gram kacang panjang rebus mengandung 98mg magnesium (25% kebutuhan), dimana mineral ini sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi, fungsi saraf dan otot, serta aktivitas enzim dalam tubuh.

Mangan

Setiap 100gram kacang panjang rebus juga mengandung 0,5mg mangan (24% kebutuhan). Mangan penting untuk kebutuhan aktivitas enzim, serta untuk metabolisme karbohidrat dan kesehatan sendi.

Fosfor

Setiap 100gram kacang panjang rebus mengandung 181mg fosfor (18% kebutuhan). Yang juga penting untuk produksi energi, serta pembentukan tulang dan gigi.

Tembaga

Setiap 100gram kacang panjang rebus mengandung 0,2mg tembaga (11% kebutuhan). Tembaga penting bagi kesehatan kulit, juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres dan penyakit.

Kalium

Setiap 100gram kacang panjang rebus mengandung 315 mg potasium (9% kebutuhan), yang penting bagi fungsi saraf dan otot kita.

Zinc

Setiap 100gram kacang panjang rebus mengandung 1,1mg zinc atau seng (7% kebutuhan). Zinc merupakan komponen enzim yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan tulang.

Selenium

Setiap 100gram kacang panjang rebus mengandung 2,8mcg selenium (4% kebutuhan), dimana selenium adalah mineral penting untuk sintesa enzim, juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh kita.

foto dari link herbalpelangsing[dot]com

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung yang baik berkomentarlah yang sopan dan baik, terimakasih.